• MTS NEGERI 23 JAKARTA
  • DUA TIGA

Kisah Abdullah bin Abbas, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Haus Ilmu

 
 

Kisah Sahabat Nabi, Abdullah bin Abbas dan Ketekunannya Dalam Menuntut Ilmu

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Abdullah bin Abbas merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad yang sangat dikenal di kalangan umat Islam. Sahabat Nabi yang memiliki julukan atau nama lain Ibnu Abbas ini juga merupakan sepupu Nabi Muhammad yang memiliki jarak umur yang cukup jauh dari Nabi Muhammad.
 
Ibnu Abbas dikenal sebagai sahabat Nabi yang berpengetahuan luas yang juga memiliki ketekunan dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga tak heran jika cukup banyak hadis shahih yang diriwayatkan melalui Ibnu Abbas. Abdullah bin Abbas lahir setelah 10 tahun Nabi Muhammad menjalankan dakwah untuk menyebarkan agama Islam.
 
Dalam buku berjudul Dahsyatnya Ibadah, Bisnis, dan Jihad Para Sahabat Nabi yang Kaya Raya karya Ustadz Imam Mubarok Bin Ali (2019:162) memaparkan bahwa Abdullah bin Abbas selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini diketahui pada saat Nabi wafat. Meski ditinggal Nabi dalam umur yang cukup dini yaitu umur 13 tahun, Abdullah bin Abbas tidak putus harapan untuk terus menggali pengetahuan yang ingin diketahuinya.
 
ADVERTISEMENT
 
Abdullah bin Abbas selalu mencoba mendatangi sahabat Nabi untuk menanyakan segala sesuatu yang ingin diketahuinya, yaitu tentang ajaran Islam dan hal-hal yang berkenaan dengan Nabi Muhammad SAW. segala kesempatan digunakannya dengan cermat hanya untuk mendapatkan ilmu dari sahabat Nabi yang telah bersama Nabi lebih lama darinya.
 
Sifat rasa ingin tahu yang dimiliki Abdullah bin Abbas ini harus kita teladani karena dengan semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka semakin banyak juga hal-hal yang dapat kita kerjakan seperti amalan-amalan berpahala. Tak hanya itu, pengetahuan tentang Islam juga wajib dicari karena mencari ilmu merupakan kewajiban tiap-tiap umat islam. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi pada hadis berikut ini:
 

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ini Perbedaan Ujian, Adzab dan Istidraj

(mtsn23 humas)Hingga kini masih banyak kaum muslimin di luar sana yang masih belum paham dan masih salah menafsirkan soal ujian, adzab dan istidraj melalui sudut pandang musibah. Padaha

03/10/2022 15:23 - Oleh chotaman - Dilihat 4718 kali
Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam

Ilmu pengetahuan amat penting bagi setiap individu bahkan dapat meningkatkan martabat manusia. Di dalam Islam, menuntut ilmu juga merupakan suatu ibadah kepada Allah dan terdapat bebera

03/10/2022 15:23 - Oleh chotaman - Dilihat 710 kali
RAHASIA DARI SURAT AL-KAHFI

   Dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ

03/10/2022 15:23 - Oleh chotaman - Dilihat 758 kali