• MTS NEGERI 23 JAKARTA
  • DUA TIGA

11 Keutamaan Sholat Tahajud yang Rutin Dilakukan, Didekatkan pada Allah SWT

MTsN 23 Keutamaan sholat tahajud apabila rutin dilakukan akan menghujani kita dengan berbagai manfaat.

Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk seharian, itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

 

Dan sesungguhnya sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut :

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

 

 

Berikut merdeka.com merangkum manfaat dan keutamaan sholat tahajud yang rutin dilakukan:

 

Diberikan Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi Allah SWT

Keutamaan sholat tahajud yang pertama yakni orang yang melaksanakannya akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat puji-puji, bagi yang menunaikan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharapkan ridha Ilahi.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”  (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

Dikabulkan Doanya

 Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni dikabulkan doanya. Tuhan berjanji akan memenuhi doa para ahli Tahajud. Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

Penghapus Dosa dan Kesalahan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosa dan kesalahan. Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan cjiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taejarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili)

Ahli Zikir

Keutamaan sholat tahajud juga menjadikan seseorang ahli zikir.

 Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga shalat dua rakaat, mereka akan dimasukkan ke dalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak ingat Allah SWT.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri)

Dijadikan Rendah Hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang melakukan keutamaan shalat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan bersahabat. Ketentraman yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita menjadi rendah hati.

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.”  (Al-Furqan 25: 63-64)

Jembatan Masuk Surga

 

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

 “Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

 Amalan yang Mambantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Alquran terkait keajaiban sholat tahajud atau sholat malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insyaAllah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Menjaga Kesehatan Fisik

Tak ayal, sholat tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik untuk berbagai penyakit. Oleh karena itu, orang yang membiasakan diri untuk tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi)

Hilangkan Kemalasan dan Nafsu

Sholat tahajud adalah cara ampuh untuk menghilangkan kemalasan dan nafsu. Melakukannya pada malam hari akan membuat kita lebih siap untuk menyambut hari esok. 

Musuh terbesar dalam diri manusia adalah nafsu. Melaksanakan sholat tahajud mungkin sedikit berat bagi sebagian orang karena terlihat pada waktu pengerjaan pada jam-jam biasanya kita tertidur. Godaan untuk pergi tidur tentu sangat besar saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud berarti telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT dan memperoleh keutamaan sholat tahajud tersebut.

Diakui sebagai Orang Istimewa

 

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya ialah diakui sebagai orang istimewa. Siapapun yang melakukan sholat tahajud akan terlihat sebagai orang yang spesial dimata Allah SWT. Itu karena shalat ini dilakukan pada malam hari dan itu adalah waktu yang khusus dan khusyuk bersama Allah.

“Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun, dan pada sebagian malam bertasbihlah kepada-Nya dan (juga) pada waktu terbenamnya bintang-bintang (pada waktu fajar).” (At-Tur 52: 48-49)

Usir Setan

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya ialah mampu mengusir setan. Setan selalu berusaha mengganggu kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan bisikan/godaan agar kita tidak sholat tahajud seperti keinginan untuk tidur, capek, dan lain sebagainya.

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing berkata, 'Kamu masih punya malam yang panjang, pergi tidur!' Jika dia bangun atas nama Tuhan, maka sebuah ikatan dilepaskan. Jika dia berwudhu, lepas ikatan berikutnya. Dan jika dia melakukan shalat, maka biarkan satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya dia menjadi rajin, begitu juga dengan jiwanya. Jika tidak, keesokan harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi malas.”  (HR Muslim)

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGUMUMAN KELULUSAN TAHUN 2023/2024

Kepada seluruh peserta didik kelas IX tahun 2023/2024 disilahkan di cek informasi kelulusannya di https://skl2020.mtsn23jkt.sch.id dimulai tanggal 10 Juni 2024 jam 08.00 sd 11

09/06/2024 14:29 - Oleh chotaman - Dilihat 369 kali
Sumayyah binti Khabath, Syahidah Pertama Islam

Saat memeluk Islam, tiada yang lebih tinggi cita-citanya selain diwafatkan di jalan Allah SWT. Balasan orang yang syahid saat membela agama Allah begitu tinggi. Salah satunya masuk surg

04/06/2024 08:20 - Oleh chotaman - Dilihat 57 kali
Jejak Makam Abu Lahab, Simbol Sejarah Kelam Masa Awal Islam

Di antara hamparan bukit tandus di Jiyad,  Mekkah, terdapat sebuah makam yang dikenal sebagai Makam Abu Lahab. Sosok Abu Lahab, paman Nabi Muhammad SAW, dikena

04/06/2024 08:01 - Oleh chotaman - Dilihat 48 kali
Jabal Rahmah, tanda Cinta dan Kasih Sayang Allah SWT.

Cinta dan kasih sayang selalu menjadi misteri bagi manusia. Suatu ketika begitu menggairahkan dan penuh gelora, namun tak jarang menimbulkan tragedi dan nestapa. Sejarah dipenuhi dengan

03/06/2024 11:11 - Oleh chotaman - Dilihat 59 kali
Hukum Mengadakan Walimatus Safar bagi Jemaah Haji dan Umrah

Salah satu tradisi di kalangan umat Muslim Indonesia adalah mengadakan walimatus safar haji dan umrah. Walimah berarti “pesta” dan safar artinya “perjalanan”. Ja

31/05/2024 11:00 - Oleh chotaman - Dilihat 86 kali
Impressive Ekskul Robotic, Inilah 5 Manfaat Yang Anda Perlu Ketahui!

Ekskul robotic merupakan tempat dan kegiatan bagi siswa yang sangat dinanti. Siswa belajar banyak dari kegiatan ini. Dari membuat organisasi hingga membimbing bakat mereka yang mungkin

30/05/2024 07:01 - Oleh chotaman - Dilihat 79 kali
Sejarah Gelar Haji Di Indonesia

 Setiap umat Muslim di Indonesia yang sudah selesai ibadah haji di Mekah, akan mendapat gelar “Haji” atau “Hajjah”  di depan nama mere

29/05/2024 14:36 - Oleh chotaman - Dilihat 97 kali
7 Peristiwa Penting di Bulan Dzulqa'dah, Termasuk Haji Wada

Jakarta - Bulan Dzulqa'dah merupakan bulan ke-11 dalam kalender Hijriah. Dzulqa'dah juga termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT (asyharul hurum). Di bulan ini ba

29/05/2024 08:06 - Oleh chotaman - Dilihat 112 kali
Membangun Kedekatan dan Hubungan Baik antara Guru, Siswa, dan Orang Tua

Hubungan yang harmonis antara guru, orang tua, dan siswa akan membuat kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar. Relasi orangtua dan guru dapat berpengaruh

28/05/2024 07:42 - Oleh chotaman - Dilihat 88 kali
Sejarah Singkat Imam Bukhari

Kelahiran dan Masa Kecil Imam Bukhari   Imam Bukhari (semoga Allah merahmatinya) lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Ismai

27/05/2024 11:29 - Oleh chotaman - Dilihat 110 kali