• MTS NEGERI 23 JAKARTA
  • DUA TIGA

PROGRAM KESISWAAN

 

 

 

 

 

OLEH

SUMARSONO, S.Ag

NIP.

 

 

MTs NEGERI 23 JAKARTA 2022

 

BAB I PENDAHULUAN

 

 

  1. LATAR BELAKANG

Pencapaian tujuan pendidikan di MTs Negeri 23 Jakarta Selatan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak- pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai budi pekerti (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.

Pembinaan terhadap siswa merupakan salah satu bagian yang senantiasa harus mendapat perhatian dari semua pihak, oleh karena itu dalam pola pembinaan tersebut perlu dikemas dengan berbagai kegiatan/aktifitas yang dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.

 

B.    DASAR

 

  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003
  • Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar
  • Dirjen Dikdasmen No. 226/C/Kep/1992
  • Hasil Keputusan Bersama Rapat Kepala Sekolah dan Dewan Guru

 

C.    TUJUAN

  1. Untuk terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif
  2. Untuk harmonisasi hubungan antara sesama siswa , Guru bahkan dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah
  3. Untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh rekannya .
  4. Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuan siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang (terlampir)

 

  1. Untuk kelanturan dan fleksibilitas mental, pemantapan dan pembentukan nilai- nilai kepribadian siswa.
  2. Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta keterampilan

 

BAB II

RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN

 

 

Dalam pembinaan kesiswaan kepala sekolah mempunyai peranan sentral, karena berfungsi sebagai manager yang mampu menggerakkan sumber daya manusia lainsecara optimal, serta penyediaan sarana prasarana yang memadai, di samping menciptakan suasana yang mendukung keberhasilan pembinaan kesiswaan. Oleh karena itu kepala sekolah menunjuk urusan Kesiswaan dan Pembina OSIS untuk membantu dalam merealisasikan pembinaan terebut.

Pembina adalah guru yang di beri kepercayaan untuk membimbing menggerakkan serta mengatur program kegiatan. Oleh karena itu guru pembina dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menumbuhkan motivasi dalam mengikuti program ekstrakurikuler. Orang tua siswa merupakan mitra kerja yang sangat diperlukan guna terlaksananya kegiatan ini, bahkan dari orang tua siswa diharapkan dapat pula memberikan bimbingan, khususnya pada saat siswa berada diluar kelas/sekolah., baik di masyarakat maupun di dalam keluarga.

 

Partisipasi orang tua dan masyarakat merupakan pencerminan terwujudnya prinsip, yaitu bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua, masyarakat dan pemerintah.

Dalam mengoptimalkan pembinaan kesiswaan, terdapat 4 jalur pembinaan yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :

1.     OSIS

OSIS merupakan tempat atau wadah kehidupan berkelompok siswa dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem yang ditandai beberapa ciri-ciri pokok, yaitu :

 

  1. Berorientasi pada tujuan
  2. Memeiliki susunan kehidupan kelompok
  3. Terkoordinir
  4. Berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu

 

Pada umumnya tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif peserta didik untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kehidupan

 

nasional, menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.

2.     WAWASAN WIYATA MANDALA

Wawasan wiyata mandala merupakan wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan yang bersifat mengikat setiap warga sekolah sebagi suatu wahana menuju tercapainya tujuan pendidikan. Dengan demikian WWM harus dapat menjamin semua unsur-unsur penunjang yang akhirnya akan bermuara pada kondsi dinamis kehidupan sekolah.

Pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.

Unsur-unsur dari WWM yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah- pisahkan dan saling terkait dan saling mempengaruhi adalah :

 

  1. Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif
  2. Terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah
  3. Tertatanya Lingkungan Sekolah yang sehat

 

3.     KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi managemen yang tidak lain merupakan suatu kiat atau wibawa seseorang yang mampu menggerakan orang lain, baik secara peorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi.

Dilihat dari prosesnya kepemimpinan merupakan suatu proses mengarahkan, dipimpin dan mempengaruhi dalam memilih dan mencapai tujuan. Sementara kalau di tinjau dari tugas yang diemban, kepemimpinan adalah kemampuan guna mempengaruhi dan menggerakkan individu atau sekelompok orang untuk dapat melaksanakan perannya dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Keberhasilan kepemimpinan seseorang akan banyak ditentukan oleh sejauh mana penguasaan seorang pemimpin terhadap pencapaian proses dan tujuan yang dicapai. Sebagai indicator keberhasilan tersebut, maka dapat dilihat dari pencapaian keberhasilan unsure-unsur yang ada di dalamnya, seperti :

 

  1. Kesadaran terhadap pribadi dirinya, terhadap orang lain dan situasi yang ada
  2. Kesadaran terhadap berbagai macam kesulitan yang diahadapi, persepasi dan kounikasi yang
  3. Kelanturan dan fleksibilitas mental
  4. Kecakapan untuk memecahkan masalah
  5. Kemauan untuk mengambil tindakan
  6. Kemauan untuk

Berbagai bentuk kegiatan yang mengarah kepada indikator seperti diuraikan di atas, yaitu seperti :

 

  1. Latihan Dasar Kepemimpinan
  2. Kelompok Ilmiah Remaja
  3. Cearamah /Kultum (Kuliah Tujuh menit)
  4. Memimpin Dzikir setelah sholat Dzuhur

 

4.     EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah yang didilakukan di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ekstrakurikuler juga merupakan salah satu jalur dalam membina siswa yang bertujuan sebagai berikut :

 

  1. Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuian siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. (terlampir)
  2. Untuk melengkapi upaya pembinaan , pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian (terlampir)
  3. Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan

 

Dari 4 (empat) jalur pembinaan di atas dapat kami gambarkan pada BAB III tentang teknis Pelaksanaan kegiatan yang disampaikan kepada seluruh siswa.

 

BAB III POTRET KEGIATAN

 

Kegiataan Pembinaan kesiswaan MTs Negeri 23 Jakarta Selatan yang diawali dengan penerimaan siswa baru , yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kondisi sekolah yang dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB). Dalam kegiatan tersebut seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pihak sekolah diperkenalkan kepada seluruh siswa terutama siswa baru., baik kegiatan yang sudah dilakukan dan atau yang akan ditawarkan pada setiap tahun pelajaran.

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 bagian, sebagai berikut :

1.     KEORGANISASIAN

Dalam upaya melatih dan meningkatkan wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai kesempatan para siswa dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah diagendakan oleh sekolah, yang meliputi penyelenggarakan berbagai macam kepanitian hari-hari besar Nasional/Islam, seperti panitia Hari Kemerdekaan, Hari Kartini, Tahun Raru Islam, Maulid Nabi Muhammad SAW, dan lain-lain

 

2.     KEPEMIMPINAN

Berbagai kegiatan yang diagendakan oleh sekolah, guna mengoptimlakan kemampuan siswa yang berorientasi kepada kegiatan kepemimpinan, yang meliputi kepramukaan, PMR, SATGAS, Kultum dan memimpin dzikir ba’da sholat duhur, Latihan Dasar Kepemimpinan (secara khusus untuk pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas)

3.     PENGEMBANGAN DIRI

Kegiatan yang berorientasi pada upaya pengembangan diri para siswa diprogramkan untuk dapat diikuti oleh para siswa. Adapun kegiatan tersebut, sebagai berikut :

  1. Keilmuan yang meliputi :
    • Pramuka
    • Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
    • Bahasa Inggris
    • Peningkatan Prestasi Akademik
    • Bimbingan Membaca Al-Qur’an/Iqro/tartil
    • Pendidikan Baris Berbaris

 

  • Bimbingan belajar Matemattika
  • MTQ

b.     Bakat dan Minat yang meliputi :

  • Olahraga ( Bola basket, Sepak bola, Tenis Meja, Bola volley,

,taekwondo,Pencak silat, tenis lapangan,catur, renang, Futsal )

  • Kesenian ( Tari, Duror, Klaigrafi)
  • Olah Vokal
  • Olah raga cabang atletik
  • Drumb Band

 

BAB IV

RINCIAN KEGIATAN KESISWAAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

N0

JENIS KEGIATAN

SASARAN ( TUJUAN )

BULAN

1

PPDB

Terpenuhinya kuota kelas

Juni

 

2

 

Penyelenggaraan MOPDB

Memberikan dasar dan mewujudkan siswa              untuk              mampu              beradaptasi

dengan lingkungan sekolah baru

JULI

 

3

 

KBO/KPTG

Menumbuhkan jiwa kemandirian dan

pendidikan                       mental                   sert                       karakter berbangsa dan bernegara

Juli

3

Peringatan hari besar nasional HUT proklamasi

kemerdekaan RI. Hardiknas Harkitnas

Hari Pahlawan Hari Kartini

Hari Kesaktian Pancasila

Hari Sumpah pemuda

Guru ?/ Karyawan / Siswa Tertanamnya jiwa Nasionalisme meningkatkan                            semangat                            belajar siswa guna mencapai tujuan akademik

 

Agustus

 

 

Mei Mei Nop April Oktbr

Oktober

 

Kunjungan bazar buku dan

ekspo kab. Pekalongan

Melihat        daya                     dukung                   dan

perkembangan Kab Pekalongan

Agustus

4

Upacara Setiap hari Senin, Mingu Pertama dan minggu kedua (tanggal 17

Guru / Karyawan / Siswa

Terciptanya anak yang disiplin dan berintegritas yang tinggi

Mewujudkan generasi yang berjiwa

Nasionalisme

 

5

Peringatan Hari Besar Keagamaan

Meningkatkan                              keamanan                              dan ketaqwaan keluarga besar MTs Negeri

I Pekalongan

 

6

Kegiatan OSIS

Siswa

 

 

 

LDK dan Reorganisasi pengurus

Koordinasi dan pembinaan pengurus

Pengadaan alat dan administrasi

OSIS

Terciptanya Siswa / generasi yang Berjiwa pemimpin

Kelancaran system kepembinaan yang sesuai dengan program kerja OSIS

Memperlancar Program kerja OSIS

oktober

7

Kegiatan Pramuka Perkemahan HUT Pramuka / Jambore

Pelantikan Pramuka Penggalang

 

 

 

 

 

LT / Dianpinru

 

 

Pengadaan Alat – alat Pramuka

Siswa

Tertanamnya jiwa kemandirian dan generasi yang mampu berkarya Memantapkan rasa akan tanggung jawab sebagai generasi penerus Bentuk keikutsertaan sekolah dalam kegiatan luar sekolah

Memberikan pelatihan terhadap siswa guna guna meningkatkan prestasi non akademis

Memperlancar                                     program ekstrakurikuler pramuka

 

Agustus

 

 

 

Nopember

 

 

Juli, Oktober, januari, April Maret

8

Pemotretan Kartu Pelajar

Siswa mempunyai identitas diri dalam

sistem organisasi

Agustus

9

Pemotretan Kartu Tes / UAN

Sebagai bukti atas hak siswa untuk

mengikuti tes

April

 

Lomba KSM Kabupaten

Meningkatkan kwalitas SDM

mei

 

OSN

Meningkatkan prestasi siswa

Maret

 

 

 

 

 

Lomba KSM Kabupaten

Meningkatkan kwalitas SDM

Juni

10

Kegiatan UKS dan PMR Pengadaan obat – obatan Diklat dan jumbara Pengadaan alat

meningkatkan                             pelayanan                             terhadap siswa yang sakit

mewujudkan    siswa                          yang                        mampu bertanggung    jawab                        sebagaigenerasi

penerus

Oktober

 

 

 

memperlancar program kerja PMR

 

11

Pesantren Kilat

Mewujudkan siswa / generasi penerus

yang berdasarkan iman dan taqwa

Maret

 

12

Mengikuti lomba tingkat kota

Mampu bersaing dan berfikir baik

dalam bidang akademik maupun non akademik

Maret, April, Mei

14

MTQ dan Tartil

Meningkatkan                           pemahaman                    isi                           Al

Qu’ran

Juli

15

Rumpun Mapel

Mencetak siswa – siswa berprestasi di

bidangnya

April

18

Olah raga

Mencetak siswa berprestasi di bidang

olah raga

Maret

 

20

 

POPDA

Mencari bibit siswa yang berbakat di

bidang olah raga baik ditingkat kecamatan atau kabupaten

Februari maret

21

Pramuka

Meningkatkan kemandirian dan jiwa

kepemimpinan

Tiap

Jumat

 

Lomba aksioma

Meningkatkan kompetensi siswa

maret

22

PMR

Meningkatkan jiwa sosial dan trampil

dalam PPPK

Tiap Sabtu

 

23

 

Class Meeting

Memunculkan siswa – siswa

berprestasi pada bidang olah raga dan seni

Desember

28

Study Tour siswa

Meningkatkan siswa cinta terhadap

lingkungan

Februari

maret

 

Lomba diluar KSM dan

Aksioma (basket, voly futsal, duror

 

Maret, april, mei.

 

 

 

 

29

Pelepasan / perpisahan

Memupuk siswa cinta terhadap almamater

mei

 

 

 

BAB V PENUTUP

 

Dengan kesungguhan hati dan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT, mudah-mudahan berbagai langkah dan upaya yang telah kita programkan dalam mengoptimalkan pembinaan kepada seluruh siswa, senantiasa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita semua. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelesaian program ini, dan sekaligus mohon kiranya saran dan masukan untuk lebih sempurnanya program pembinaan kesiswaan di masa yang akan datang. Amiin

 

 

 

 

Waka Kesiswaan

 

 

 

Sumarsono, S.Ag

NIP.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sekilas Tentang Kementerian Agama

Kementrian terian Agama adalah kementerian yang bertugas menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang agama. Usulan pembentukan Kementerian Agama pertama kali disampaikan oleh Mr. Muhamma

03/01/2023 13:52 - Oleh chotaman - Dilihat 145 kali
Tutorial CAT IPMB Moderasi Beragama 2022

(MTSN 23JKT)Tutorial CAT IPMB Moderasi Beragama jadi topik hangat. Ini merupakan tes berbasis komputer. CAT IPMB sediri adalah Computer Assisted Test (CAT) Profesionalisme dan Moderasi

22/12/2022 14:37 - Oleh chotaman - Dilihat 126 kali
MODERASI KEAGAMAAN

Nusa Dua (MTsN 23 JKT) --- Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi menggelar 2nd ASEAN Countries Conference in

22/12/2022 14:24 - Oleh chotaman - Dilihat 139 kali
MUHASABAH AKHIR TAHUN

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْ

14/12/2022 08:25 - Oleh chotaman - Dilihat 138 kali
PROGRAM WAKA HUMAS

1. PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH Menyusun Program Kerja WKM IV MTsN 23 Jakarta TP 2022-2023 Berkoordinasi dengan WKM I,II dan III dalam pelaksanaan PPDB online d

09/12/2022 16:01 - Oleh chotaman - Dilihat 161 kali
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah

By admin in Fiqih Kontemporer   Allah SWT mengirimkan manusia ke alam dunia ini tiada lain supaya manusia beribadah kepada Allah SWT. “Tidak ada s

01/12/2022 07:44 - Oleh chotaman - Dilihat 121 kali
Kehebatan Sedekah Subuh

  Kita sudah tidak asing lagi bila mendengar kata sedekah. Yup.. “Sedekah” sendiri bertujuan untuk “membersihkan harta”, serta dapat “melipatgandakan

29/11/2022 07:44 - Oleh chotaman - Dilihat 168 kali
Mari Menggunakan Masker Saat Keluar Rum

Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Physical Distancing serta kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. .Namun, bagi kalian

28/11/2022 09:14 - Oleh chotaman - Dilihat 125 kali
PAS Penilaian Akhir Semester

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi d

28/11/2022 08:14 - Oleh chotaman - Dilihat 177 kali
AGAR BELAJAR ISTIQOMAH

1- Luruskan niat dalam belajar Kita tentu tahu bahwa kita diperintahkan untuk ikhlas dalam ibadah termasuk pula dalam belajar ilmu diin, sebagaimana Allah Ta’ala&n

25/11/2022 09:30 - Oleh chotaman - Dilihat 158 kali