PROGRAM KESISWAAN
OLEH
SUMARSONO, S.Ag
NIP.
MTs NEGERI 23 JAKARTA 2022
BAB I PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Pencapaian tujuan pendidikan di MTs Negeri 23 Jakarta Selatan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak- pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai budi pekerti (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.
Pembinaan terhadap siswa merupakan salah satu bagian yang senantiasa harus mendapat perhatian dari semua pihak, oleh karena itu dalam pola pembinaan tersebut perlu dikemas dengan berbagai kegiatan/aktifitas yang dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.
B. DASAR
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003
- Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar
- Dirjen Dikdasmen No. 226/C/Kep/1992
- Hasil Keputusan Bersama Rapat Kepala Sekolah dan Dewan Guru
C. TUJUAN
- Untuk terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif
- Untuk harmonisasi hubungan antara sesama siswa , Guru bahkan dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah
- Untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh rekannya .
- Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuan siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang (terlampir)
- Untuk kelanturan dan fleksibilitas mental, pemantapan dan pembentukan nilai- nilai kepribadian siswa.
- Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta keterampilan
BAB II
RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
Dalam pembinaan kesiswaan kepala sekolah mempunyai peranan sentral, karena berfungsi sebagai manager yang mampu menggerakkan sumber daya manusia lainsecara optimal, serta penyediaan sarana prasarana yang memadai, di samping menciptakan suasana yang mendukung keberhasilan pembinaan kesiswaan. Oleh karena itu kepala sekolah menunjuk urusan Kesiswaan dan Pembina OSIS untuk membantu dalam merealisasikan pembinaan terebut.
Pembina adalah guru yang di beri kepercayaan untuk membimbing menggerakkan serta mengatur program kegiatan. Oleh karena itu guru pembina dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menumbuhkan motivasi dalam mengikuti program ekstrakurikuler. Orang tua siswa merupakan mitra kerja yang sangat diperlukan guna terlaksananya kegiatan ini, bahkan dari orang tua siswa diharapkan dapat pula memberikan bimbingan, khususnya pada saat siswa berada diluar kelas/sekolah., baik di masyarakat maupun di dalam keluarga.
Partisipasi orang tua dan masyarakat merupakan pencerminan terwujudnya prinsip, yaitu bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua, masyarakat dan pemerintah.
Dalam mengoptimalkan pembinaan kesiswaan, terdapat 4 jalur pembinaan yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
1. OSIS
OSIS merupakan tempat atau wadah kehidupan berkelompok siswa dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem yang ditandai beberapa ciri-ciri pokok, yaitu :
- Berorientasi pada tujuan
- Memeiliki susunan kehidupan kelompok
- Terkoordinir
- Berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu
Pada umumnya tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif peserta didik untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kehidupan
nasional, menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.
2. WAWASAN WIYATA MANDALA
Wawasan wiyata mandala merupakan wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan yang bersifat mengikat setiap warga sekolah sebagi suatu wahana menuju tercapainya tujuan pendidikan. Dengan demikian WWM harus dapat menjamin semua unsur-unsur penunjang yang akhirnya akan bermuara pada kondsi dinamis kehidupan sekolah.
Pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.
Unsur-unsur dari WWM yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah- pisahkan dan saling terkait dan saling mempengaruhi adalah :
- Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif
- Terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah
- Tertatanya Lingkungan Sekolah yang sehat
3. KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi managemen yang tidak lain merupakan suatu kiat atau wibawa seseorang yang mampu menggerakan orang lain, baik secara peorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi.
Dilihat dari prosesnya kepemimpinan merupakan suatu proses mengarahkan, dipimpin dan mempengaruhi dalam memilih dan mencapai tujuan. Sementara kalau di tinjau dari tugas yang diemban, kepemimpinan adalah kemampuan guna mempengaruhi dan menggerakkan individu atau sekelompok orang untuk dapat melaksanakan perannya dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Keberhasilan kepemimpinan seseorang akan banyak ditentukan oleh sejauh mana penguasaan seorang pemimpin terhadap pencapaian proses dan tujuan yang dicapai. Sebagai indicator keberhasilan tersebut, maka dapat dilihat dari pencapaian keberhasilan unsure-unsur yang ada di dalamnya, seperti :
- Kesadaran terhadap pribadi dirinya, terhadap orang lain dan situasi yang ada
- Kesadaran terhadap berbagai macam kesulitan yang diahadapi, persepasi dan kounikasi yang
- Kelanturan dan fleksibilitas mental
- Kecakapan untuk memecahkan masalah
- Kemauan untuk mengambil tindakan
- Kemauan untuk
Berbagai bentuk kegiatan yang mengarah kepada indikator seperti diuraikan di atas, yaitu seperti :
- Latihan Dasar Kepemimpinan
- Kelompok Ilmiah Remaja
- Cearamah /Kultum (Kuliah Tujuh menit)
- Memimpin Dzikir setelah sholat Dzuhur
4. EKSTRAKURIKULER
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah yang didilakukan di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ekstrakurikuler juga merupakan salah satu jalur dalam membina siswa yang bertujuan sebagai berikut :
- Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuian siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. (terlampir)
- Untuk melengkapi upaya pembinaan , pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian (terlampir)
- Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan
Dari 4 (empat) jalur pembinaan di atas dapat kami gambarkan pada BAB III tentang teknis Pelaksanaan kegiatan yang disampaikan kepada seluruh siswa.
BAB III POTRET KEGIATAN
Kegiataan Pembinaan kesiswaan MTs Negeri 23 Jakarta Selatan yang diawali dengan penerimaan siswa baru , yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kondisi sekolah yang dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB). Dalam kegiatan tersebut seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pihak sekolah diperkenalkan kepada seluruh siswa terutama siswa baru., baik kegiatan yang sudah dilakukan dan atau yang akan ditawarkan pada setiap tahun pelajaran.
Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 bagian, sebagai berikut :
1. KEORGANISASIAN
Dalam upaya melatih dan meningkatkan wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai kesempatan para siswa dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah diagendakan oleh sekolah, yang meliputi penyelenggarakan berbagai macam kepanitian hari-hari besar Nasional/Islam, seperti panitia Hari Kemerdekaan, Hari Kartini, Tahun Raru Islam, Maulid Nabi Muhammad SAW, dan lain-lain
2. KEPEMIMPINAN
Berbagai kegiatan yang diagendakan oleh sekolah, guna mengoptimlakan kemampuan siswa yang berorientasi kepada kegiatan kepemimpinan, yang meliputi kepramukaan, PMR, SATGAS, Kultum dan memimpin dzikir ba’da sholat duhur, Latihan Dasar Kepemimpinan (secara khusus untuk pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas)
3. PENGEMBANGAN DIRI
Kegiatan yang berorientasi pada upaya pengembangan diri para siswa diprogramkan untuk dapat diikuti oleh para siswa. Adapun kegiatan tersebut, sebagai berikut :
- Keilmuan yang meliputi :
- Pramuka
- Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
- Bahasa Inggris
- Peningkatan Prestasi Akademik
- Bimbingan Membaca Al-Qur’an/Iqro/tartil
- Pendidikan Baris Berbaris
- Bimbingan belajar Matemattika
- MTQ
b. Bakat dan Minat yang meliputi :
- Olahraga ( Bola basket, Sepak bola, Tenis Meja, Bola volley,
,taekwondo,Pencak silat, tenis lapangan,catur, renang, Futsal )
- Kesenian ( Tari, Duror, Klaigrafi)
- Olah Vokal
- Olah raga cabang atletik
- Drumb Band
BAB IV
RINCIAN KEGIATAN KESISWAAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
N0 |
JENIS KEGIATAN |
SASARAN ( TUJUAN ) |
BULAN |
1 |
PPDB |
Terpenuhinya kuota kelas |
Juni |
2 |
Penyelenggaraan MOPDB |
Memberikan dasar dan mewujudkan siswa untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru |
JULI |
3 |
KBO/KPTG |
Menumbuhkan jiwa kemandirian dan pendidikan mental sert karakter berbangsa dan bernegara |
Juli |
3 |
Peringatan hari besar nasional HUT proklamasi kemerdekaan RI. Hardiknas Harkitnas Hari Pahlawan Hari Kartini Hari Kesaktian Pancasila Hari Sumpah pemuda |
Guru ?/ Karyawan / Siswa Tertanamnya jiwa Nasionalisme meningkatkan semangat belajar siswa guna mencapai tujuan akademik |
Agustus
Mei Mei Nop April Oktbr Oktober |
|
Kunjungan bazar buku dan ekspo kab. Pekalongan |
Melihat daya dukung dan perkembangan Kab Pekalongan |
Agustus |
4 |
Upacara Setiap hari Senin, Mingu Pertama dan minggu kedua (tanggal 17 |
Guru / Karyawan / Siswa Terciptanya anak yang disiplin dan berintegritas yang tinggi Mewujudkan generasi yang berjiwa Nasionalisme |
|
5 |
Peringatan Hari Besar Keagamaan |
Meningkatkan keamanan dan ketaqwaan keluarga besar MTs Negeri I Pekalongan |
|
6 |
Kegiatan OSIS |
Siswa |
|
|
LDK dan Reorganisasi pengurus Koordinasi dan pembinaan pengurus Pengadaan alat dan administrasi OSIS |
Terciptanya Siswa / generasi yang Berjiwa pemimpin Kelancaran system kepembinaan yang sesuai dengan program kerja OSIS Memperlancar Program kerja OSIS |
oktober |
7 |
Kegiatan Pramuka Perkemahan HUT Pramuka / Jambore Pelantikan Pramuka Penggalang
LT / Dianpinru
Pengadaan Alat – alat Pramuka |
Siswa Tertanamnya jiwa kemandirian dan generasi yang mampu berkarya Memantapkan rasa akan tanggung jawab sebagai generasi penerus Bentuk keikutsertaan sekolah dalam kegiatan luar sekolah Memberikan pelatihan terhadap siswa guna guna meningkatkan prestasi non akademis Memperlancar program ekstrakurikuler pramuka |
Agustus
Nopember
Juli, Oktober, januari, April Maret |
8 |
Pemotretan Kartu Pelajar |
Siswa mempunyai identitas diri dalam sistem organisasi |
Agustus |
9 |
Pemotretan Kartu Tes / UAN |
Sebagai bukti atas hak siswa untuk mengikuti tes |
April |
|
Lomba KSM Kabupaten |
Meningkatkan kwalitas SDM |
mei |
|
OSN |
Meningkatkan prestasi siswa |
Maret |
|
|
|
|
|
Lomba KSM Kabupaten |
Meningkatkan kwalitas SDM |
Juni |
10 |
Kegiatan UKS dan PMR Pengadaan obat – obatan Diklat dan jumbara Pengadaan alat |
meningkatkan pelayanan terhadap siswa yang sakit mewujudkan siswa yang mampu bertanggung jawab sebagaigenerasi penerus |
Oktober |
|
|
memperlancar program kerja PMR |
|
11 |
Pesantren Kilat |
Mewujudkan siswa / generasi penerus yang berdasarkan iman dan taqwa |
Maret |
12 |
Mengikuti lomba tingkat kota |
Mampu bersaing dan berfikir baik dalam bidang akademik maupun non akademik |
Maret, April, Mei |
14 |
MTQ dan Tartil |
Meningkatkan pemahaman isi Al Qu’ran |
Juli |
15 |
Rumpun Mapel |
Mencetak siswa – siswa berprestasi di bidangnya |
April |
18 |
Olah raga |
Mencetak siswa berprestasi di bidang olah raga |
Maret |
20 |
POPDA |
Mencari bibit siswa yang berbakat di bidang olah raga baik ditingkat kecamatan atau kabupaten |
Februari maret |
21 |
Pramuka |
Meningkatkan kemandirian dan jiwa kepemimpinan |
Tiap Jumat |
|
Lomba aksioma |
Meningkatkan kompetensi siswa |
maret |
22 |
PMR |
Meningkatkan jiwa sosial dan trampil dalam PPPK |
Tiap Sabtu |
23 |
Class Meeting |
Memunculkan siswa – siswa berprestasi pada bidang olah raga dan seni |
Desember |
28 |
Study Tour siswa |
Meningkatkan siswa cinta terhadap lingkungan |
Februari maret |
|
Lomba diluar KSM dan Aksioma (basket, voly futsal, duror |
|
Maret, april, mei. |
|
|
|
|
29 |
Pelepasan / perpisahan |
Memupuk siswa cinta terhadap almamater |
mei |
|
BAB V PENUTUP
Dengan kesungguhan hati dan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT, mudah-mudahan berbagai langkah dan upaya yang telah kita programkan dalam mengoptimalkan pembinaan kepada seluruh siswa, senantiasa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita semua. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelesaian program ini, dan sekaligus mohon kiranya saran dan masukan untuk lebih sempurnanya program pembinaan kesiswaan di masa yang akan datang. Amiin
Waka Kesiswaan
Sumarsono, S.Ag
NIP.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sekilas Tentang Kementerian Agama
Kementrian terian Agama adalah kementerian yang bertugas menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang agama. Usulan pembentukan Kementerian Agama pertama kali disampaikan oleh Mr. Muhamma
Tutorial CAT IPMB Moderasi Beragama 2022
(MTSN 23JKT)Tutorial CAT IPMB Moderasi Beragama jadi topik hangat. Ini merupakan tes berbasis komputer. CAT IPMB sediri adalah Computer Assisted Test (CAT) Profesionalisme dan Moderasi
MODERASI KEAGAMAAN
Nusa Dua (MTsN 23 JKT) --- Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi menggelar 2nd ASEAN Countries Conference in
MUHASABAH AKHIR TAHUN
الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْ
PROGRAM WAKA HUMAS
1. PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH Menyusun Program Kerja WKM IV MTsN 23 Jakarta TP 2022-2023 Berkoordinasi dengan WKM I,II dan III dalam pelaksanaan PPDB online d
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
By admin in Fiqih Kontemporer Allah SWT mengirimkan manusia ke alam dunia ini tiada lain supaya manusia beribadah kepada Allah SWT. “Tidak ada s
Kehebatan Sedekah Subuh
Kita sudah tidak asing lagi bila mendengar kata sedekah. Yup.. “Sedekah” sendiri bertujuan untuk “membersihkan harta”, serta dapat “melipatgandakan
Mari Menggunakan Masker Saat Keluar Rum
Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Physical Distancing serta kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. .Namun, bagi kalian
PAS Penilaian Akhir Semester
Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi d
AGAR BELAJAR ISTIQOMAH
1- Luruskan niat dalam belajar Kita tentu tahu bahwa kita diperintahkan untuk ikhlas dalam ibadah termasuk pula dalam belajar ilmu diin, sebagaimana Allah Ta’ala&n